kupas tuntas tentang jus, manfaatnya, berikut resepnya

Terapi Jus untuk Menurunkan Kolesterol

buah dan sayurTerapi jus buah dan sayuran bagi penderita kolesterol tinggi dapat menurunkan jumlah kolesterol dalam darah melalui mekanisme pengikatan lemak dan kolesterol oleh serat yang banyak terdapat dalam buah dan sayuran untuk kemudian dibuang dalam bentuk tinja.

Selain itu, zat anti oksidan di dalam jus juga melindungi tubuh dari berbagai penyakit degeneratif seperti kanker, penyakit jantung dan penyempitan pembuluh darah.

Kolesterol sendiri adalah suatu bahan lemak yang terjadi secara alamiah dalam tubuh manusia yang lazimnya terdapat di dinding bagian dalam sel tubuh dan jaringan, serta dibutuhkan dalam pembentukan hormon. Namun, jika kadar kolesterol dalam tubuh meningkat, kolesterol akan menumpuk di dinding pembuluh darah yang dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan menghambat aliran darah dan dapat memicu terjadinya serangan jantung dan stroke.

Buah-buahan yang dapat dimanfaatkan untuk menurunkan kadar kolesterol daram darah adalah pepaya, jambu biji, apel, jeruk, nanas, belimbing, belimbing wuluh, kiwi, rambutan, mangga, dan alpukat. Sedangkan sayuran yang dapat dimanfaatkan sebagai terapi jus bagi penderita kolesterol adalah kol, kembang kol, bayam, seledri, kapri, wortel, brokoli, jeruk lemon, pare, sawi hijau, labu kuning, taoge, paprika, bawang bombay, dan bawang putih.

Selain dengan disiplin melakukan terapi jus buah dan sayuran, penderita juga sebaiknya melakukan diet rendah lemak dan menerapkan pola makan seimbang, rutin berolahraga, mengurangi makanan yang digoreng, dan tidak merokok.

Tagged as: , , ,

Comments are closed.

?>