Jus Untuk Mengendalikan Diabetes

buah dan sayur

Jus buah dan sayuran sangat membantu dalam upaya untuk mengontrol kadar gula darah pada penderita diabetes. Mekanisme kerja dari jus untuk penderita diabetes adalah melalui peran vitamin dan mineral penting yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh serta kesehatan penderita.

Peran yang kedua adalah adanya kandungan zat pati dan gula di dalam sayuran dan buah mempunyai indeks glikemik rendah sehingaa aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Jenis bahan pangan yang direkomendasi oleh WHO/FAO bagi penderita diabetes adalah yang memenuhi asupan polisakarida bukan pati, yang dapat dipenuhi dari mengkonsumsi kacang-kacangan dan serealia utuh, buah-buahan dan sayur-sayuran. Semua jenis bahan pangan tersebut memiliki indeks glikemik rendah , yang memeiliki respon gula darah rendah setelah makan dan dapat turut serta memperbaiki keseluruhan proses pengendalian glikemik dalam tubuh.

Beberapa buah yang disarankan untuk terapi jus bagi penderita diabetes adalah apel, nanas, jambu biji, belimbing, jambu air, strawberi, kiwi, pisang, buah naga, plum, alpokat, dan aprikot. Dan untuk sayuran disarankan mengkonsumsi jagung muda, brokoli, kol, kembang kol, paprika, buncis, kacang panjang, kapri, kecipir, wortel, pare, dan lidah buaya. Beberapa herbal yang dapat dipakai adalah jahe, kunyit, temulawak, dan mengkudu.